Cara Mengobati Aritmia Secara Medis

Mar 12, 2020

0

Cara Mengobati Aritmia Secara Medis

Eehealth.org

            Aritmia didiagnosis dengan cara peninjauan gejala dan riwayat kesehatan oleh dokter. Pemeriksaan fisik juga akan dilakukan dan beberapa pertanyaan akan diberikan oleh dokter untuk mengetahui kondisi Anda. Beberapa tes untuk diagnosis akan dilakukan sebelum dilakukan cara mengobati aritmia, seperti :

  1. Elektrokardiogram (EKG)

Tes ini melibatkan penggunaan sensor (elektroda). Tujuannya adalah untuk mendeteksi aktivitas listrik dari jantung Anda yang melekat di dada serta ke bagian tubuh Anda yang lain. Tes EKG akan mengukur durasi dan waktu dari setiap fase listrik pada detak jantung Anda.

  1. Monitor Holter

Saat menjalani rutinitas, perangkat EKG akan dipakai selama satu hari dengan tujuan merekam aktivitas jantung Anda.

  1. Perekam Acara

Perangkat EKG portabel akan digunakan dengan cara menempelkan pada tubuh dan tombol harus ditekan saat gejala Anda muncul. Hal ini berguna agar dokter mengetahui irama jatung saat gejala muncul.

  1. Ekokardiogram

Transduser (perangkat genggaman) akan diletakkan di dada dengan menggunakan gelombang suara. Tujuannya untuk menghasilkan gambar ukuran, gerakan dan struktur jantung Anda.

  1. Perekam Loop Implan

Di bawah kulit Anda pada area dada akan diberikan pencatat kejadian apabila gejala yang muncul sangat jarang. Tujuannya adalah untuk merekam aktivitas listrik jantung serta pendeteksian irama jantung yang tidak normal.

READ  Bagaimana Cara Mengobati Arteriosklerosis

Apabila gejala aritmia ditemukan pada tes yang dilakukan, dokter akan meyakinkan aritmia dengan tes yang lain. Beberapa tes yang lain seperti :

  1. Tes Stres

Olahraga bisa memperburuk kondisi aritmia. Dokter akan meminta Anda untuk berolahraga di treadmill atau olahraga ringan selama melakukan tes stress ini serta memantau aktivitas jantung Anda di monitor. Obat – obatan untuk merangsang jantung akan diberikan jika dokter melakukan evaluasi apakah penyakit arteri koroner bisa menjadi penyebab aritmia atau tidak saat Anda mengalami kesulitas saat berolahraga.

  1. Tes Meja Miring

Tes ini akan direkomendasikan oleh dokter apabila Anda pingsang. Kemudian tekanan darah dan detak jantung akan dipantau melalui monitor ketika Anda berbaring di atas meja. Setelah itu, meja akan dimiringkan seperti saat Anda berdiri. Bagian jantung akan diamati dan sistem saraf yang terkait dan mengendalikannya akan merespon perubahan yang terjadi.

  1. Pengujian dan pemetaan elektrofisiologi.
READ  Mengenal Dan Mencegah Penularan Penyakit Berbahaya

Tabung (kateter) tipis dan lentur yang memiliki ujung elektroda melalui pembuluh darah akan disambungkan oleh dokter saat tes ini dilakukan. Saat sudah ada di tempatnya, elektroda bisa menggambarkan adanya penyebaran impuls listrik ke jantung Anda. Elektroda bisa digunakan untuk merangsang jantung dengan tujuan agar bisa berdetak dengan kecepatan yang akan menimbulkan aritmia. Lokasi aritmia bisa terlihat oleh dokter dan juga penyebab dan perawatan yang akan dilakukan bisa diperkirakan. Tes ini bisa dilakukan untuk memperkirakan apakah Anda mengalami aritmia saat kondisi tertentu.

Cara mengobati aritmia akan dilakukan apabila penderita memiliki resiko yang lebih serius seperti komplikasi atau memiliki gejala yang parah. Cara pengobatan untuk jenis aritmia yang lain seperti bradikardia, takikardia, akan dijelaskan di bawah ini.

Pengobatan Untuk Bradikardia :

Alat pacu jantung akan dilakukan oleh dokter jika terdapat masalah mendasar. Alat pacu jantung berupa alat yang berukuran kecil yang ditempatkan pada bawah kulit dada dan perut yang berguna untuk mengendalikan irama jantung yang tidak normal. Cara menggunakannya adalah dengan pulsa listrik yang berfungsi untuk mendorong jantung agar berdetak di tingak minimum normal.

READ  Mengenal Penyakit Arteriosklerosis

Perawatan Untuk Takikardia :

  1. Manuver Vagina

Cara mengobati aritmia ini dilakukan dengan gerakan tertentu dan bisa dilakukan oleh pasien sendiri. Tujuannya adalah untuk menghentikan beberapa jenis aritmia yang dimulai pada bagian atas dan bawah jantung.

  1. Obat-obatan

Obat – obatan mungkin tidak menyembuhkan pasien. Namun, cara ini sangat efektif untuk mengurangi peristiwa atau gejala takikardia dan bisa membantu konduksi listrik jantung yang tepat.

  1. Kardioversi

Dokter bisa menggunakan sengatan listrik dan obat – obatan sebagai cara untuk mengembalikan irama jantung yang teratur.

  1. Terapi Ablasi

Pembuluh arah ke jantung bagian dalam dilewati oleh satu atau lebih kateter yang ditempatkan pada area jantung. Hal ini dianggap sebagai sumber aritmia serta menghancurkan bagian – bagian kecil dari jaringan yang ada.

  1. ICD (implantable cardioverter-defibrillator)

Penanaman perangkat pada dekat tulang selangka kiri lalu irama jantung akan dimonitor. Apalagi terdeteksi ritme yang cepat dan tidak normal, perangkat tersebut akan merangsang jantung untuk kembali ke ritme normal.

 

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

www.mayoclinic.org