Mengenal Beragam Jenis-Jenis Penyakit Menular Yang Perlu Anda Ketahui

Apr 29, 2020

0

Mengenal Beragam Jenis-Jenis Penyakit Menular Yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu penyakit menular?

Penyakit menular dapat disebabkan oleh banyak patogen, termasuk bakteri, virus, jamur, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit dan penyakit. Bagi manusia, penularan patogen dapat terjadi dalam berbagai cara: menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung, air atau penyakit bawaan makanan atau aerosolisasi partikel yang terinfeksi di lingkungan dan melalui serangga (nyamuk) dan kutu. Tanda dan gejala serta pengobatan penyakit menular tergantung pada inang dan patogennya.

Siapa yang paling berisiko terkena penyakit menular?

Siapa pun dapat tertular penyakit menular. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah (sistem kekebalan yang tidak bekerja dengan kekuatan penuh) memiliki risiko lebih besar untuk jenis infeksi tertentu. Mereka yang berisiko lebih tinggi termasuk:

  • Orang-orang dengan sistem kekebalan yang tertekan, seperti mereka yang menjalani perawatan kanker atau yang baru saja menjalani transplantasi organ
  • Mereka yang tidak divaksinasi terhadap penyakit menular yang umum
  • Petugas kesehatan
  • Orang-orang yang bepergian ke daerah-daerah berisiko di mana mereka mungkin terpapar nyamuk yang membawa patogen seperti malaria, virus dengue dan virus Zika.
READ  Mendalami Informaosi Seputar Menghindari Wabah Penyakit Yang Perlu Anda Ketahui

Seberapa umumkah penyakit menular itu?

Penyakit menular sangat umum di seluruh dunia. Beberapa penyakit menular lebih sering menyerang daripada yang lain. Misalnya, di Amerika Serikat, 1 dari setiap 5 orang terinfeksi virus influenza (flu) setiap tahun.

Komplikasi apa yang berhubungan dengan penyakit menular?

Banyak penyakit menular menyebabkan komplikasi. Ini dapat berkisar dari ringan hingga berat. Untuk beberapa kondisi, komplikasi mungkin termasuk mengi, ruam kulit, atau kelelahan ekstrem. Komplikasi ringan biasanya hilang ketika infeksi sembuh. Penyakit menular tertentu dapat menyebabkan kanker. Ini termasuk hepatitis B dan C (kanker hati), dan human papillomavirus (HPV) (kanker serviks).

Jenis-jenis Penyakit Menular

Penyakit menular adalah istilah luas yang menggambarkan penyakit yang disebabkan oleh jenis bakteri, parasit, virus, atau jamur tertentu. Sebagian besar dari organisme ini tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan, tetapi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa. Organisme berbahaya dapat ditularkan dari orang ke orang, melalui gigitan hewan, atau dengan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit menular dapat memengaruhi siapa pun, meskipun orang dengan sistem kekebalan tubuh yang berisiko lebih besar tertular infeksi. Berikut ini gambaran singkat dari jenis penyakit infeksi utama:

READ  Mengenal Penyakit Arteriosklerosis

Infeksi bakteri – Bakteri bertanggung jawab atas beragam penyakit infeksi, mulai dari radang tenggorokan dan infeksi saluran kemih hingga meningitis dan tuberkulosis. Banyak ruam kulit juga disebabkan oleh bakteri.

Infeksi tulang – Infeksi yang menyerang tulang disebut osteomielitis. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka yang dalam atau sayatan bedah, tetapi jamur juga bisa menjadi penyebab infeksi tulang.

Infeksi jamur – Ada sekitar 300 jenis jamur yang diketahui menyebabkan penyakit menular. Infeksi jamur yang sering terjadi termasuk kurap, pneumonia pneumocystis, blastomycosis, dan histoplasmosis. Infeksi jamur lokal (seperti jamur kuku) juga sering terjadi di Amerika Serikat.

Infeksi sendi – Peradangan sendi bakteri, atau radang sendi bakteri / septik, paling sering menyerang sendi lutut. Sebagian besar kasus disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus (staph), meskipun infeksi virus atau jamur juga dapat menyebabkan infeksi sendi.

READ  Mengenal Dan Mencegah Penularan Penyakit Berbahaya

Penyakit tropis – Berpengalaman sebagian besar oleh populasi termiskin di dunia, penyakit tropis yang paling umum termasuk elephantiasis (limfatik filariasis), kebutaan sungai (onchocerciasis), demam siput (schistosomiasis atau bilharzia), dan trachoma.

Infeksi parasit – Mayoritas infeksi parasit mempengaruhi negara-negara di daerah tropis dan subtropis, tetapi infeksi ini juga terjadi di Amerika Serikat. Infeksi parasit yang lazim termasuk malaria, penyakit Chagas, dan toksocariasis.

Infeksi virus – Seperti halnya bakteri, virus dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi. Pilek biasa berkembang dari virus, seperti halnya penyakit yang lebih kompleks seperti flu, mononukleosis, cacar, dan HIV / AIDS.

Sumber

https://www.tgh.org

https://my.clevelandclinic.org

sumber gambar

https://halosehat.com