Mengenal Dan Mencegah Penularan Penyakit Berbahaya

Apr 20, 2020

0

Mengenal Dan Mencegah Penularan Penyakit Berbahaya

Mengetahui bagaimana penyebaran penyakit menular akan membantu melindungi diri dari sakit saat bepergian dan mengurangi kemungkinan Anda akan menyebarkan penyakit ke wisatawan lain. Informasi berikut akan memberdayakan Anda untuk menjadi pelancong yang lebih bertanggung jawab – sehingga Anda dapat melindungi kesehatan Anda dan kesehatan orang lain. Dua jenis penyakit utama yang mungkin dapat Anda sebarkan dengan mudah kepada orang lain adalah penyakit pernapasan (yang memengaruhi pernapasan) dan penyakit bawaan makanan (penyakit yang menyebar dengan makan, minum, atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut Anda yang telah terkontaminasi).

Penyakit Pernafasan

Penyakit seperti flu menyebar dari orang ke orang ketika tetesan dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi bergerak di udara dan masuk ke mulut atau hidung orang-orang terdekat. Kuman di tetesan ini sering juga dapat hidup di permukaan, seperti meja atau gagang pintu, selama 2 jam atau lebih dan dapat menyebar ketika orang menyentuh permukaan ini dan kemudian menyentuh mata, mulut, dan hidung mereka. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang menyebarkan kuman dengan membaca informasi di “Menghentikan Kuman di Rumah, Kantor, dan Sekolah.”

READ  Cara Mengobati Aritmia Secara Medis

Hentikan Penyakit Pernafasan Anda agar Tidak Menular ke Orang Lain

  • Jika Anda memutuskan untuk bepergian saat menderita penyakit pernapasan, jangan sebarkan kuman ke orang lain!
  • Tutupi mulut dan hidung Anda saat batuk atau bersin.
  • Buang tisu bekas. (Tempatkan mereka di tempat sampah atau kantong yang sakit saat dalam penerbangan.)
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Cuci setelah Anda menggunakan kamar mandi, bersin atau batuk, dan sebelum makan atau menyentuh apa pun yang mungkin Anda masukkan ke dalam mulut Anda. (Pembersih tangan dengan alkohol dapat digunakan jika tidak ada air yang mengalir.)
  • Jangan berbagi makanan atau minuman dengan orang lain.

Penyakit bawaan makanan

Anda akan menemukan berbagai makanan dan persiapan makanan saat mengunjungi negara lain. Sayangnya, makanan baru ini mungkin juga disertai dengan virus, bakteri, atau parasit. Akibatnya, penyakit bawaan makanan umum terjadi pada para pelancong.

Lebih jauh, praktik kebersihan dan keselamatan untuk makanan dan air mungkin berbeda di negara lain dibandingkan dengan yang biasa Anda lakukan di rumah. Anda bisa mendapatkan penyakit bawaan makanan dari makan atau minum makanan dan air yang terkontaminasi.

READ  Gejala Arteriosklerosis yang Harus Anda Ketahui

Hindari Menjadi Terinfeksi Penyakit bawaan makanan

  • Makan makanan yang sepenuhnya matang dan disajikan panas.
  • Makanlah hanya buah dan sayuran yang bisa Anda cuci dan kupas sendiri.
  • Makan dan minum hanya produk susu yang telah dipasteurisasi.
  • Jangan makan makanan dari pedagang kaki lima.
  • Minum minuman yang telah dikemas atau disegel (air, minuman berkarbonasi, atau minuman olahraga).
  • Jangan menaruh es dalam minuman.

Cara lain agar penyakit bawaan makanan dapat menyebar adalah melalui kontak dengan kotoran manusia (feses). Jenis kontak ini sering tidak disengaja dan dapat terjadi, misalnya, ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi dan kemudian menyentuh makanan yang akan dimakan orang lain. Pelajari lebih lanjut tentang penyakit bawaan makanan dengan mengunjungi halaman Makanan dan Air yang Aman bagi Kesehatan Wisatawan.

Hentikan Penyakit bawaan makanan Anda agar tidak menyebar ke orang lain

  • Jangan menyiapkan atau menyajikan makanan untuk orang lain saat Anda memiliki gejala dan selama 24 jam setelah gejala Anda hilang.
  • Di kapal pesiar atau wisata terorganisir lainnya, ikuti peringatan tentang menjauh dari penumpang lain. Ini bisa berarti terisolasi dari orang lain selama periode waktu tertentu.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan.
READ  PAHAMI JENIS-JENIS SAMPAH ORGANIK DI SEKITAR KITA

Terkadang ketika Anda sakit karena penyakit bawaan makanan, Anda mungkin tidak bisa ke kamar mandi dengan cepat. Jika ini terjadi dan pakaian atau linen lainnya kotor, lepaskan dan cuci, dengan air panas dan sabun, sesegera mungkin. Jika Anda tidak dapat mencuci pakaian, bilaslah sebaik mungkin dan masukkan ke dalam kantong plastik tertutup. Buang muntah atau kotoran lain di toilet. Masukkan bahan yang tidak bisa Anda siram, seperti handuk kertas, ke dalam kantong sampah. Ikat kantong sampah tertutup dan buang. Jagalah kebersihan area sekitar.

Sumber

https://wwwnc.cdc.gov

sumber gambar

https://www.honestdocs.id