Mengenal Penyakit Arteriosklerosis

May 2, 2020

0

Mengenal Penyakit Arteriosklerosis

 

Parenting.orami.co.id

            Pengertian dari arteriosklerosis adalah adanya pengerasan di pembuluh darah arteri dimana pembuluh tersebut mengangkut darah dari jantung kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Keadaan ini tentu tidak normal dikarenakan pembuluh darah yang sehat biasanya memiliki sifat yang fleksibel, elastis dan lentur.

Tanda dan gejala arteriosklerosis adalah :

  • Tekanan darah tinggi sampai gagal ginjal yang apabila terjadi penyumbatan di bagian arteri ke ginjal.
  • Rasa nyeri di kaki saat berjalan, apabila penyumbatan yang terjadi pada bagian arteri yang menuju ke kaki dan tungkai
  • Mati rasa di bagian kaki dan tangan yang menyebabkan penglihatan terganggu, sulit berbicara serta otot wajah melemah hingga lumpuh, apabila penyumbatan terjadi pada arteri yang mengarah ke otak.
  • Rasa nyeri di bagian ada yang disebut angina, apabila penyumbatan yang terjadi pada arteri yang mengarah ke jantung

Faktor – faktor yang menyebabkan arterioklerosis adalah :

  • Kadar gula darah yang tinggi
  • Faktor genetik dari keluarga
  • Tekanan darah tinggi
  • Tingginya kadar kolesterol
  • Terkena paparan asap rokok
READ  PAHAMI JENIS-JENIS SAMPAH ORGANIK DI SEKITAR KITA

Sebagian orang memiliki faktor resiko untuk mengalami arterioklerosis contohnya :

  1. Diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes dan tidak bisa mengontrol kadar glukosa dalam darah, bisa mengalami arterioklerosis.

  1. Genetika

Faktor keturunan menjadi faktor resiko orang – orang yang mengalami arterioklerosis. Karena faktor genetik bisa dialami oleh saudara atau orang tua yang sudah pernah mengalaminya.

  1. Polusi udara

Polusi udara tidak hanya memberikan efek buruk terhadap kesehatan tetapi bisa memberikan faktor resiko untuk mengalami arterioklerosis. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan sumber kolesterol pada arteri koroner.

  1. Gaya hidup yang tidak aktif, seperti lebih banyak duduk dan jarang berolahraga

Olahraga secara teratur selain menyehatkan tubuh juga bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit, salah satunya arterioklerosis. Olahraga juga bisa membuat perasaan bahagia dan menghilangkan stres. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai rutin untuk melakukan olahraga karena memberikan banyak manfaat.

  1. Obesitas
READ  Mendalami Informaosi Seputar Menghindari Wabah Penyakit Yang Perlu Anda Ketahui

Obesitas juga bisa menjadi faktor resiko dari penyakit ini. Kontrol terhadap berat badan adalah hal yang penting selain untuk menjaga agar tubuh tetap bugar yaitu untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok memang sebaiknya segera dihentikan. Merokok tidak memberikan efek apapun pada perokok. Bahkan, merokok bisa memberikan efek negatif bagi perokok aktif itu sendiri bahkan perokok pasif yang ada di sekitarnya.

Pertolongan medis sebaiknya harus diambil jika gejala atau tanda yang sudah disebutkan dialami oleh Anda atau orang – orang di sekitar Anda. Seseorang yang mengalami arteriosklerosis bisa mengalami beberapa komplikasi seperti : karotid, perifer, dan jantung koroner. Arteri yang berdekatan dengan jantung menjadi lebih sempit jika Anda mengalami penyakit jantung koroner. Sedangkan arteri karotis bisa memengaruhi arteri pada bagian otak melalui cara yang sama serta penyakit arteri perifer bisa memengarui pasokan darah ke anggota gerak lainnya.

READ  Pentingnya Pemisahan Jenis Sampah

Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya seperti :

– Penyakit jantung dan gagal jantung

Konisi jantung mungkin tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh dan tidak bisa mengisi dengan tingkat darah yang cukup.

– Serangan Jantung

Kondisi ini merupakan darurat medis yang menyebabkan pasokan darah tersumbat dan bisa mengancam jiwa.

– Gagal Ginjal

Fungsi dari ginjal bisa berhenti apabila tidak mendapatkan cukup aliran darah.

– Aneurisma

Kondisi ini merupakan kondisi serius yaitu dinding tonjolan arteri bisa pecah. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan internal yang bisa berakibat fatal.

– Stroke

Kondisi darurat medis selanjutnya yaitu stroke. Pasukan darah ke otak akan tersumbat sehingga menyebabkan otak kekurangan oksigen yang bisa membunuh sel – sel otak.

– Aritmia

Penyakit arterioklerosis bisa membuat detak jantung tidak normal bahkan jantung tidak berdebar.

 

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

www.halodoc.com